Ibu-Ibu Zaman Now Wajib Tahu! Fakta dan Mitos Seputar Bayi

Kedatangan anggota baru dalam keluarga memang suatu hal yang membuat seluruh anggota keluarga excited. Terlebih bagi para orangtua termasuk orangtua baru seperti kami. Berbagai informasi seputar bayi pun kami dapat. Mulai dari teman hingga para tetua di keluarga kami. Namun apakah semua informasi tersebut benar? Hal ini seringkali membuat kami, para orangtua zaman now, ingin mencari tahu lebih lanjut kebenarannya.

Informasi seputar bayi yang diwariskan dari generasi sebelumnya, belum tentu semuanya baik dan tepat bila dilakukan pada si kecil. Salah-salah malah dapat berbahaya atau mengganggu aktivitas si kecil. Sehingga para orangtua wajib untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal-hal yang fakta dan mitos seputar bayi, diantaranya adalah:

1. Tarik-tarik hidup biar mancung

Faktanya mangcungnya hidung bayi ditentukan oleh bentuk tulang hidung yang dipengaruhi faktor genetik. Menarik hidung tidak dapat membuat mancung. Malah, bila dilakukan terlalu sering bisa menimbulkan iritasi dan merah pada hidung bayi.

2. Jidat lebar menandakan bayi pintar

Hal ini tak ada hubungannya. Kepintaran anak ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu faktor genetis orangtua, pola asuh, stimulasi dan nutrisi yang diberikan pada bayi.

3. Tempelkan uang logam di pusar bayi biar tidak bodong

Kalau yang ini terbilang bahaya untuk dilakuman, karena dikhawatirkan dapat terkenanya infeksi. Pusar bayi perlu dijaga agar tetap bersih dan kering. Jangan sampai benda kotor menempel ditubuhnya.

4. Bayi jangan terlalu sering dan buru-buru digendong, biar tidak manja

Faktanya menggendong bayi terus menerus dapat meningkatan kelelatan emosional antara bayi dan orangtua. Cepatnya respon orangtua untuk menggendong bayi justru dapat mempercepat bayi lebih tenang dan memghindari bayi dari stress.

5. Cebe rawit biar ada lesung pipi

Lesung pipi terjadi karena adanya gerakan susunan otot di bagian wajah terutama pipi. Pada orang tertentu susunan otot tersebut membentuk lekukan sehingga terjadilah lesung pipi ketika otot bergerak.

6. 40 Hari kuku bayi belum boleh dipotong

Faktanya kuku panjangnya bisa melukai wajah bahkan kornea mata. Sebenarnya, ibu dapat memotong kuku bayi dengan alat potong kuku khusus bayi untuk menghindari resiko luka karena kulit bayi yang masih tipis.

7. Mandikan bayi dengan air dingin biar kuat

Bayi rentan terhadap suhu dingin. Air dingin dapat membuat pembakaran dan metabolisme tubuh bayi meningkat, sehingga makanan dalam tubuh bisa terkuras untuk mengatur suhu tubuh.

8. Cukur rambut bayi agar tumbuhnya makin lebat

Tebal tipisnya rambut sangat dipengaruhi faktor genetik. Bila dicukur habis, rambut baru yang tumbuh biasanya agak kasar dibandingkan aslinya jadi terkesan lebih tebal.

9. Berikan kopi untuk Atasi Kejang

Padahal kopi mengandung kafein yang bisa membahayakannya, karena dapat memicu denyut jantung lebih cepat. Akibatnya bayi sering deg-deg-an.

Dari ke sembilan mitos dan fakta diatas. Mana nih, yang kira-kira pernah moms dengar? Atau ada diantara hal tersebut yang pernah dilakukan ya? Kalau saya, awalnya cukup sering menarik-narik hidung baby Umar, harapannya biar mancung “kayak bule”.

Leave a comment